Teknologi - Lifestyle - Abub

Sedang Memuat
Selamat Datang

Lakukan Cara Mudah Ini Agar Smartphone Kamu Aman

Nilai 4.8/5 berdasarkan 176 ulasan para pembaca.

Orang yang apik pada umum nya akan me lakukan berbagai cara agar smartphone nya aman, misalnya dengan memasang antivirus, menerapkan fungsi enkripsi pada data-data dan pesan-pesan di smartphone, dan lain sebagai nya.

Hal di atas memang perlu kamu lakukan untuk mengamankan smartphone, namun hal yang paling mendasar yang harus kamu lakukan yaitu Mengatur lock screen smartphone kamu baik itu dengan pola, kata sandi, atau sidik jari.

gambar Lakukan Cara Mudah Ini Agar Smartphone Kamu Aman

Kamu tahu nggak, ternyata masih banyak pengguna yang tak melindungi perangkat nya dengan lock screen, baik menggunakan pola, kata sandi, ataupun sidik jari.

Hal tersebut tentunya berbahaya bagi privasi pemilik smartphone, karena home screen perangkat nya bisa di akses siapapun hanya dengan mengusap layar saja.

Memang sih membiarkan home screen tanpa harus memasukan pola, kata sandi, dan sidik jari memudahkan dan mempercepat kamu ketika hendak mengecek perangkat.

Namun, hal tersebut ber risiko bagi keamanan privasi di smartphone kamu.

Berikut ini beberapa Risiko yang bisa saja terjadi jika Kamu Tidak Mengatur Lock Screen pada perangkat mu.


Peretasan secara visual.


Peretasan secara visual bisa saja terjadi saat ponsel kamu tertinggal di suatu tempat dan ditemukan orang lain.

Jika kamu tidak mengunci perangkat mu, seseorang akan dengan mudah membuka ponsel mu hanya dengan sebuah sentuhan sehingga layar pun terbuka dengan mudah nya.

Setelah terbuka otomatis Orang tersebut dapat membaca pesan kamu yang bersifat pribadi bahkan bisa jadi orang tersebut mengakses aplikasi perbankan di ponsel kamu.

Ngeri bukan ???, Oleh karena itu kamu harus menerapkan kata sandi, pola keamanan atau sidik jari pada smartphone kamu, agar kamu bisa meminimalisasi risiko tersebut.

Jika ponsel kamu hilang atau dicuri dan jika kamu tidak menerapkan pengamanan lock screen pada perangkat mu, si pencuri bisa menggunakan ponsel kamu untuk membuat panggilan atau memanfaatkan data-data tertentu yang ada di smartphone mu.

Risiko lainnya yaitu orang itu dapat menggunakan akun media sosial kamu atau email kamu untuk menipu orang-orang yang berteman dengan kamu.

Dari beberapa risiko yang abubz sebutkan di atas tentunya kamu sudah mulai menyadari betapa penting nya menerapkan lock screen.

Nah.., Lantas Bagaimana Caranya Mengatur Lock Screen ???

Setiap smartphone Android dibekali dengan sistem keamanan lock screen, ada juga beberapa smartphone yang menerapkan fitur kemanan terbaru yaitu sidik jari.

Jika ponsel kamu tidak ada fitur pemindai sidik jari nya, fitur lock screen bisa kamu terapkan baik dengan kata sandi ataupun dengan pola.

gambar Lakukan Cara Mudah Ini Agar Smartphone Kamu Aman

Untuk mengakses lock screen yaitu dengan cara membuka menu Setting > Security, kemudian kamu atur jenis keamanan yang sesuai keinginan kamu, kamu bisa memilih pola keamanan, kata sandi, atau sidik jari. setelah di pilih kemudian kamu atur waktu nya, kira-kira berapa lama ponsel kamu akan terkunci secara otomatis setelah di diamkan.

Kamu juga bisa memasang Android Device Manager. Dengan Android Device Manager ini kamu bisa mengunci, melacak, atau menghapus data-data perangkat yang hilang atau dicuri dari jarak yang jauh.

Semoga bermanfaat !

Label: ,,,

Buka Komentar Facebook
Buka Komentar Email